Rabu, 13 Desember 2017

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

Tags

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya? - Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Bissmillah kali ini admin akan membahas tentang berita yang sedang terjadi diantaranya merupakan keputusan dari Presiden Donald Trump yang berbicara tentang mengakui bahwa Kota Yerusalem merupakan Ibukota dari Israel, Pernyataan yang menurut Trump ini akan menjadi jalan perdamaian menjadi maju malah menyakitkan untuk semua umat muslim.

Disini admin tidak akan membahas hal yang lebih detail lagi terkait pernyataan diatas, Namun disini saya akan membagika sebuah pelajaran tentang Kota Yerusalem itu milik siapa sebenarnya? Baik penjelasan lebih lanjut ada dibawah ini.

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

"Yerusalem" nama itu berkumandang di hati umat Kristen, Yahudi dan Muslim semenjak berabad-abad berbagi zona dan sejarah konfliknya.

Dalam bahasa Ibrani disebut Yerushalayim dan dalam bahasa Arab disebut al-Quds, Yerusalem ialah salah satu kota tertua di dunia. Di masa lalu, kota ini pernah berulang kali direbut, ditaklukan, dihancurkan dan dibangun kembali oleh bermacam-macam pihak, dan seakan tiap-tiap lapisan buminya menyatakan bermacam-macam potongan sejarah masa lalu.

Pusat (bahkan inti) Yerusalem adalan bagian Kota Tua, suatu labirin gang-gang sempit dan arsitektur bersejarah yang menandai empat penjuru kota - wilayah Kristen, Ortodok armenia, Muslim dan Yahudi. Dikelilingi oleh dinding batu berupa benteng daerah berdirinya sejumlah situs tersuci di dunia.

Tiap-tiap bagian mewakili populasinya sendiri. Kristen mempunyai dua 'kawasan' sebab orang Armenia juga Kristen, dan kawasan mereka paling kecil diantara yang lain, yang menjadi Pusat Armenia tertua di dunia.

Menjadi unik sebab komunitas mereka sudah mempertahankan kultur sendiri dan peradaban di dalam Gereja St James Church dan biara.

Masjid

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

Wilayah Muslim yakni yang terbesar diantara yang lain dan terdapat daerah suci Dome of Rock dan Mesjid the al-Aqsa serta dataran tinggi yang diketahui sebagai Haram al-Sharif oleh umat Islam.

Mesjid ini yaitu tempat suci ketiga bagi Islam sesudah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid al-Aqsa dikelola oleh yayasan Islam Waqf.

Umat Muslim yakin Nabi Muhammad ke Yerusalem dari Mekkah saat melaksanakan perjalanan malam yang disebut Isra Mi'raj, diyakini pula di Masjid al-aqsa Nabi Muhammad shalat bersama dengan roh semua nabi.

Dan di dekat daerah suci Dome of the Rock, terdapat batu yang diandalkan umat Muslim, ialah daerah yang dipijak nabi sebelum melaksanakan perjalanan ke surga.

Umat Muslim mengunjungi tempat suci tersebut sepanjang tahun, namun tiap Jumat pada bulan Ramadhan, ratusan ribu umat Muslim menjalankan shalat di masjid.

Gereja 

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

Di dalam kawasan Kristen terdapat Gereja Makam Kudus, yang menjadi situs penting bagi umat Kristen di semua dunia. Situs ini berada di tengah sejarah perjalanan Yesus, kematiannya, penyaliban dan kebangkitan.

Berdasarkan kultur Kristen, Yesus disalib di sana, di Golgotha, atau bukit Calvary, makamnya yang kosong berada di dalam gereja dan juga menjadi lokasi kebangkitannya.

Gereja dikelola secara bersama oleh perwakilan kaum Kristen yang berbeda, beberapa besar dari Patriarkat Ortodok Yunani, Biara Franciskan dari Gereja Katolik Roma, dan Patriarkat Armenia, namun juga Ethiopia, Koptik dan Gereja Ortodoks Suriah.
Lokasi ini yakni daerah tujuan ziarah bagi jutaan umat Kristen di segala dunia.

Tembok

Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?

Kawasan Yahudi yaitu daerah bagi Kotel, atau Tembok Barat atau diketahui sebagai Tembok ratapan, yang yaitu|yakni komponen dari dinding {komponen} yang tersisa dari bangunan Bait Suci.

Di dalam tempat suci itu terdapat Ruang Maha Kudus, situs paling suci dalam agama Yahudi.

Umat Yahudi percaya bahwa inilah daerah batu fondasi penciptaan dunia, dan daerah Abraham, atau Nabi Ibrahim, siap mengorbankan si kecilnya Ishak, atau Ismail.

Banyak orang Yahudi yang percaya bahwa Dome of the Rock yakni daerah Ruang Maha Kudus itu.

Dikala ini, Tembok Barat yakni daerah orang Yahudi dapat berdoa di lokasi terdekat ke Ruang Maha Kudus.

Situs ini dikelola oleh Rabi dari Tembok Barat dan tiap tahun menampung jutaan pengunjung. Orang-orang Yahudi dari semua dunia mengunjungi daerah ini untuk berdoa.

Jadi kota Yerusalem milik siapa sebenarnya?

Tidak ada satu kotapun didunia yang memperoleh perhatian semacam itu besar kecuali Yerusalem. Kota ini dihuni sekitar 800 ribu orang dan sekitar 1,2 juta orang tinggal di kawasan metropolitannya. 

Bermacam-macam etnic dan agama hidup didalamnya, tidak sulit menemukan orang dari bermacam-macam agama, ras, dan etnic dikota ini. menurut demographic kota 2016, etnis yahudi menjadi golongan terbesar yang tinggal di kota ini, disusul etnis arab dan beberapa kecil bermacam-macam etnis dari penjuru dunia.

"lalu Siapa pemilik kota ini yang hakekatnya?"
Pernyataan ini dapat memunculkan bermacam-macam tafsir, jawaban, argumentasi dan yang lebih jauh yakni perseteruan.

Bermacam-macam pandangan sejarah, politik malah sampe pandangan saintis lahir untuk menjawab pertanyaan.

Hakekatnya untuk menjawab siapa pemilik resmi Yerusalem sangatlah gampang. jawabannya telah barang tentu yakni "Manusia".

Dari segi sejarah, pelaku sejarahnya yakni manusia. Dari segi politik, para pelakonnya juga manusia. Dari segi saintis dan lainnya hasil walhasil akan konsisten sama merupakan manusia.

Jadi pemilik resmi Yerusalem yakni manusia.

Karenanya mulai kini berhentilah memperebutkan siapa pemilik Yerusalem, sebab Yerusalem telah ada pemiliknya merupakan manusia.

Terima kasih sudah membaca artikel "Kota Yerusalem Itu Milik Siapa Sebenarnya?" dari awal sampai akhir, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian semua. Jika ada kesalahan semoga dapat kalian maafkan dan perbaiki dengan berkomentar dibawah terkait kesalahan pada artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu buat kalian tolong bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar teman-teman dan saudara kalian juga tau tentang ilmu yang sangat bermanfaat ini, Satu kata lagi Terima kasih sudah berkunjung.


EmoticonEmoticon